Hello Mahasiswa: Sahur Tiap Hari, Puasa Gak Bolong Lagi

Ramadhan…oh ramadhan…

Kalo emak-emak ya udah biasa lah bangun pagi-pagi buta buat masakin sahur dan bikin teh manis. Buat kamu yang masih tinggal sendiri gimana? ini nih tips buat dibagi, semoga bermanfaat yah.

1. Makanan anak kampus kudu pake nasi.

Kalo di kosan punya dapur bersama, bagusnya sih masak yah supaya uang jajan bisa dihemat. Apalagi kalo punya pemasak nasi dan kompor listrik, lengkap deh. Sebagai orang Asia, nasi itu dah menu wajib. Nasi pake sambal aja dah enak, nasi pake kecap juga enak, yang penting kudu ada nasi. Cuma inget nih, “makanlah ketika lapar dan berhentilah sebelum kenyang” agar badan gak cepat lelah dan mengurangi resiko meningkatnya gula darah yang kalo itu terjadi, badan bakal sering lemas dan cepat ngantuk.

Top tips nih, masak nasi sekitar 2 gelas aja kalo kamu tinggal sendiri. Masaknya malem-malem supaya nanti subuh gak repot.

2. Makanan anak kampus kudu ada telur.

Jika di kosan ada kulkas bersama, mending stok telur deh. Nasi pake telur mata sapi atau telur dadar juga enak dan bergizi. Kalo mau dibikin nasi goreng juga enak, tapi berhubung ini untuk sahur ya mending masak yang sederhana aja deh.

3. Makanan anak kampus kudu ada buah.

Kalo lagi gak musim banget, mending beli pepaya atau semangka. Jadi kalo gak sempat masak sayur, ada buah untuk tambahan serat. Nanti pas berbuka, bisa dimakan lagi buahnya.

Top tips nih, kalo beli semangka, melon, atau pepaya, lebih baik dipotong-potong dulu lalu masukkan ke dalam kontainer kedap udara kemudian dinginkan di kulkas. Jadi pas sahur gak repot, pas berbuka juga gak repot.

4. Makanan anak kampus, beli dari kantin atau warung makan.

Pulang kuliah mampiri dulu warung makan langganan, lalu beli deh nasi lengkap dengan lauk dan sayur.

Top tips nih, lauknya beli sekalian untuk dua porsi dan dipisah bungkusannya jadi gak cepat basi dan nanti pas sahur gak repot nyari makan lagi. Beli sayur juga untuk dua porsi dan dipisah bungkusannya supaya bisa dimakan lagi pas sahur.

5. Makanan anak kampus, teh manis bikin ngantuk dan cepat lelah.

Teh manis sebenarnya gak disaranin yah soalnya minuman atau makanan manis dapat menaikkan kadar gula darah dengan cepat. Itu yang membuat tubuh mudah lelah dan malah bikin dehidrasi. Kalo lagi gak puasa ya bisa langsung minum air putih untuk melepas dahaga, kalo lagi puasa gimana dong? Tapi jika kamu terbiasa ngeteh di pagi hari, ada baiknya takaran gula dikurangi atau lebih baik minum teh tawar sekalian.

Itu beberapa tips agar bisa sahur tiap hari dan puasa gak bolong meskipun sekarang udah gak tinggal bersama orangtua lagi alias sudah hidup mandiri. Tinggal kitanya aja yang menjaga daya tahan tubuh supaya gak mudah sakit.

Selamat berbelanja, selamat menyetok makanan, mohon maaf lahir dan batin dan selamat menjalankan ibadah puasa yah.

 ** Bagi Anda yang gak sempat masak sayur untuk menu sahur, bisa digantikan dengan suplemen makanan pengganti buah dan sayur yang mengandung kombinasi 13 sumber serat alami.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s