Menu Diet Tanpa Stress: Sayur Bayam Bening

Sebelumnya gak pernah tau dan gak pernah mau tau juga tentang kandungan gizi suatu makanan yang dimakan misalnya tadi siang aku makan sayur bayam direbus, ayam goreng, pake nasi. Porsinya sedikit sekali, hanya beberapa suap. Bukan disengaja atau bukannya berniat mengecilkan porsi makanan, bukan. Melainkan perut ini rasanya sudah kepenuhan, karena entahlah, aku pun bukan ahlinya di bidang kesehatan. Tapi, mengingat apa yang dimakan tadi, aku jadi terpikir seberapa banyak nutrisi yang masuk ke dalam tubuhku, seberapa banyak yang diserap oleh tubuhku? dan ketika dipikir-pikir lagi, apakah nutrisi dari semua makanan yang dimasak tadi mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuhku?

Awalnya aku memang gak mau tau, bukan pula sekarang aku menjadi ahli di bidang nutrisi. Namun ketika membandingkan kondisi tubuhku beberapa minggu yang lalu dengan sekarang, beneran jauh berbeda. Contoh kecilnya begini, dulu aku sering mengantuk, lemas, dan butuh tidur siang padahal porsi makan banyak dan tiga (3) kali sehari. Bingung kan? makan dah banyak, lengkap lauk dan pauk, tiga kali sehari pula, tapi tetap aja lemas, berat badan pun naik karena gak ada tenaga untuk olahraga. Jangankan berolahraga, ingin melakukan peregangan aja rasanya seperti memangku beton. Sekarang, kondisinya jauh lebih baik karena nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhku tercukupi.

Ada istilah fitonutrisi, ini hasil pencarian yah, karena bingung kenapa kondisi tubuh yang dulu dengan sekarang itu berbeda. Fitonutrisi didapat dari tanaman seperti sayur, kacang-kacangan, dan buah. Asal kata dari ‘phyto’ yang berarti tanaman. Tapi fitonutrisi ini bukan pula karbohidrat, protein, lemak, vitamin, atau mineral. Ada sekitar 100,000 fitonutrisi yang terkandung dalam tanaman entah itu sayur, buah, kacang-kacangan, yang penting ‘tanaman’, yang bermanfaat bagi tubuh kita. Gak heran, banyak ahli gizi menyarankan agar makan sayur dan buah sebanyak lebih dari lima porsi dalam sehari, wow!

Jika fitonutrisi ini diserap oleh tubuh maka dapat mengurangi resiko kanker, alhamdulillah ini memang yang dicari sebab jaman sekarang perkotaan penuh polusi, penuh radikal bebas. Jika tadi aku makan sayur bayam, itu bagus juga. Nutrisinya cukupkah? entahlah, aku bukan ahli gizi, namun jika hanya makan sayur seporsi kecil, jelas itu kurang menurut WHO makanya aku tambah dengan suplemen makanan yang mengandung 12 vitamin, 9 mineral, dan 17 konsentrat tumbuhan yang mengandung fitonutrisi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh dan menunjang aktivitas sehari-hari. Sekarang, ada baiknya mencukupi kebutuhan fitonutrisi bagi tubuh agar terhindar dari penyakit, agar metabolisme tubuh menjadi bagus, dan terutama terhindar dari resiko kanker.

Bagaimana dengan Anda? apakah Anda memiliki tips tersendiri dalam memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh? silahkan berbagi cerita di sini, para pembaca sangat membutuhkannya.

Bagi Anda yang ingin memasak sayur bayam bening lezat ala Sajian Sedap, berikut resepnya yah, aku sendiri sudah mencobanya dan enak.

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:

Bahan:
2 ikat bayam, disiangi
100 gram wortel, dipotong miring
2 buah jagung manis, dipotong-potong
3 butir bawang merah, diiris tipis
4 cm temu kunci, dimemarkan
1 buah tomat, dipotong panjang
5 1/2 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
2.500 ml air
Cara membuat:

  1. Didihkan air. Masukkan bawang merah dan temu kunci. Rebus sampai harum.
  2. Masukkan wortel dan jagung. Masak sampai empuk.
  3. Tambahkan tomat, garam, dan gula pasir. Masak sampai mendidih.
  4. Masukkan bayam. Masak sampai matang.

Untuk 6 porsi

sumber resep: Sajian Sedap

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s