Perawatan wajah: jerawat di area pipi dan hidung

acne02

Membersihkan wajah menggunakan susu pembersih dan toner memang memakan waktu. Orang yang suka bergerak cepat dan ringkas lebih suka membersihkan wajah dengan sabun pembersih. Jika sabun pembersih wajah yang dipilih sesuai dengan jenis kulit maka gak ada masalah. Jika gak sesuai maka kulit wajah akan mengalami dehidrasi lalu iritasi dan banyak dampak lain bagi kulit seperti mudah muncul komedo dan jerawat. Sesekali kita perlu ke dokter kulit untuk mengetahui apa penyebab munculnya jerawat secara keseluruhan dan berikut ini beberapa penyebab munculnya jerawat di area pipi dan hidung.

  1. Penyebab munculnya jerawat di area pipi dan hidung: malas membersihkan wajah

Membersihkan wajah terutama sehabis mengenakan tabir surya dan kosmetik tentu memakan waktu lebih lama lagi bahkan harus membersihkan wajah sebanyak dua tahap yaitu dengan makeup remover lalu dilanjutkan dengan sabun pembersih. Gak heran, kebanyakan dari kita menunda membersihkan wajah setelah bepergian mengenakan kosmetik.

2. Penyebab munculnya jerawat di area pipi dan hidung: kosmetik menyumbat pori-pori

Menunda membersihkan wajah dalam kondisi riasan penuh menjadi faktor tumbuhnya komedo, blackhead, dan jerawat. Belum lagi kosmetik yang kita gunakan memang mengandung bahan aktif yang menutup pori-pori dan menyerap kotoran hingga susah dibersihkan jika hanya membersihkan dalam sekali usap saja.

3. Penyebab munculnya jerawat di area pipi dan hidung: pilihan makanan berlemak tinggi

Ketiduran karena badan lelah dan lupa membersihkan wajah, ini yang sering terjadi. Saya pun pernah mengalaminya. Wajar saja, kulit wajah saya pun  menjadi sensitif dan mudah gatal bila terpapar produk kosmetik dan sinar UV dalam waktu lebih dari dua jam di luar ruangan. Lupa karena sungguh, membersihkan wajah dengan susu pembersih itu memakan waktu. Belum lagi makanan yang dikonsumsi mengandung lemak berlebih sehingga mempengaruhi tingkat produksi minyak di kulit wajah. Akibat kebiasaan buruk ini, wajar saja banyak jerawat bermunculan di area pipi dan hidung. Pori-pori wajah membesar dan komedo di mana-mana.

4. Penyebab munculnya jerawat di area pipi dan hidung: asap rokok dan polusi

Hindari merokok jika ingin memiliki kulit mulus bak anak-anak sebab kondisi tekstur kulit bagian pipi dan hidung berhubungan dengan sistem pernafasan. Jadi ada baiknya mengurangi rokok untuk mendapatkan kulit sehat dan segar terhidrasi agar lapisan kulit dapat berfungsi optimal menangkal radikal bebas dan pori-porinya bersih.

Kondisi kulit terhidrasi memudahkan kita mengatasi masalah jerawat

Kulit yang terhidrasi artinya mengandung kelembaban tinggi, mengandung air yang diproduksi dari bawah kulit. Sel-sel kulit mati yang menumpuk di lapisan terluar kulit dapat menghambat kinerja sekresi alami kulit hingga menyumbat pori-pori. Facial adalah salah satu cara untuk membersihkan kotoran termasuk sel kulit mati dalam pori-pori kulit dan mengurangi tampilan komedo dan blackhead. Namun menjaga agar kulit tetap terhidrasi setelah facial ini yang sulit sebab kita harus menerapkan gaya hidup sehat sementara banyak godaan di luar sana yang tak terbendung.

Secara alami, menjaga kulit agar tidak dehidrasi secara alami adalah dengan minum minimal delapan gelas sehari, makan makanan berserat tinggi dan rajin olah raga. Sebagai bantuan, kita bisa menggunakan pelembab yang mengandung hydra complex alami seperti liposom, ekstrak alga merah, ekstrak gandum yang dapat meningkatkan kelembaban kulit secara alami. Lembab bukan berarti berminyak yah, melainkan meningkatnya produksi air di lapisan terdalam kulit.

Nah, jika kulit sudah terhidrasi, artinya lembab, kemudian rajin membersihkan wajah dan menjalankan gaya hidup sehat, pastinya pori-pori wajah pun bebas dari tumpukan sel kulit mati, debu, dan radikal bebas. Jerawat di daerah pipi dan hidung pun bisa sirna, apalagi bila dipercepat dengan rangkaian sistem perawatan kulit khusus berjerawat seperti lotion yang mengandung salicylic acid.

Bagaimana dengan Anda? apakah Anda memiliki tips agar terbebas dari komedo dan jerawat di area pipi dan hidung? sampaikan komentar Anda di sini, para pembaca membutuhkannya.

Kemudian, bagi Anda yang ingin tahu rekomendasi rangkaian perawatan kulit berjerawat berbahan alami seperti ekstrak alga merah dan gandum, silahkan hubungi via LINE @glowithme untuk tanya – jawab dan pemesanan.

Advertisements

One thought on “Perawatan wajah: jerawat di area pipi dan hidung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s