Sukses bisnis rumahan: umur bukan penghalang

Hai para pembaca…

Memiliki bisnis yang dapat menjamin kebebasan finansial di hari tua merupakan dambaan semua orang. Jika semua orang terlahir dengan bakat dagang, maka gak ada pula yang mau menjadi pegawai kantoran. Begitulah semestinya dunia, masing-masing dari kita punya peran yang telah digariskan oleh Sang Pencipta.

Lantas mengapa pula kita ingin memulai bisnis? padahal gak semua orang keturunan pedagang. Bekerja lebih menjamin kepastian pendapatan rumah tangga tiap bulan namun ada juga yang memilih pensiun dini karena ingin memulai bisnis. Ada juga yang sambil kerja sambil menjalankan usaha sampingan. Beginilah kita semestinya, pendapatan rumah tangga sebisa mungkin didapat dengan cara yang halal, hasil dari keringat sendiri. Memenuhi kebutuhan rumah tangga dengan cara yang halal seperti berwirausaha adalah hal positif.

Dulu ibu saya juga begitu. Dia bekerja sambil menjalankan usaha sampingan sebab dia ingin membantu meningkatkan perekonomian rumah tangganya. Impiannya, dia ingin sekali fokus beribadah di hari tua sambil menikmati hasil usaha. Sayangnya, hingga dia pensiun pun, dia masih belum bisa fokus beribadah sunnah karena masih mengurus toko. Katanya, saya harus menabung sejak dini kalau ingin menikmati jerih payah di hari tua.

Saya bercermin.

Siapa lagi yang mengubah nasib kita jika bukan diri sendiri? saya pikir kaum perempuan jaman sekarang juga berpikir seperti itu. Bebas dari hutang-piutang dan tinggal menikmati hasil usaha sambil mengerjakan hobi dan fokus beribadah itu dambaan tiap perempuan. Kecuali dia punya kekayaan tujuh turunan gak habis-habis.

Anda juga begitu kan? hampir sebagian besar kaum ibu memiliki usaha sampingan demi meningkatkan perekonomian rumahtangganya. Lalu mengapa pula kaum ibu itu memilih membuka usaha sampingan? jika sebuah bisnis dilakukan 100% dan diberi perhatian 100%, maka kesempatan berlibur kemanapun yang diinginkan bisa diperoleh. Kebanyakan orang yang saya temui, mereka yang berwirausaha ingin masa depan yang aman sejahtera, gak perlu mikir lagi pendapatan bulanan ketika sudah pensiun, dan punya simpanan jika musibah terjadi.

Ini pula yang kami lakukan, aku dan liebling.

Umur gak jadi masalah jika Anda ingin memulai bisnis. Tua-muda bisa jika punya niat dan mau melakukan. Memang kehidupan ini gak selamanya berada di atas ibarat roda pedati. Maka kita selalu berusaha melalui tawakkal dan ikhtiar yang istiqomah agar perekonomian rumah tangga meningkat, serta masa depan yang aman sejahtera bebas finansial berada di genggaman.

Jadi, apa modal utama Anda untuk memulai bisnis rumahan?

👍 Niat. Niat itu ibarat kekuatan sejati. Hanya dengan niat, Anda bisa memperoleh apapun yang diinginkan, bisnis apapun pasti sukses jika ada niat baik.

👍 Keberanian. Trauma masa lalu memang menjadi penghambat kesuksesan seseorang. Banyak orang yang membatasi potensi cemerlang dalam dirinya hanya karena trauma disepelekan. Jika ingin berwirausaha, keberanian diri merupakan keharusan.

👍 Energi positif. Anda pernah mendengar istilah latin mens sana in corpore sano? Energi positif didapat dari jiwa yang sehat, dan jiwa yang sehat didapat dari tubuh yang sehat. Pupuk kedua hal penting ini jika ingin menjalankan bisnis rumahan.

👍 Semangat 45. Seperti pejuang kemerdekaan demi meraih kemenangan. Ya, bahkan anak SD pun berjuang belajar di bimbel supaya berprestasi di sekolah, anak SD itu ingin menang. Anak kecil berlomba lari di acara 17 agustus, tujuannya untuk menang. Semangat ini bak sinar yang gak boleh padam jika ingin menjalankan bisnis rumahan.

👍 Tawakkal dan ikhtiar, jalani berbarengan. itu kunci paling ampuh gak ada tandingan. Sebab kita terhubung langsung ke Maha Kuasa, meminta padaNya agar keinginan kita terwujud. Dia pula Maha Pemberi.

👍 Merawat kesehatan. Ini salah satu ikhtiar kita. Mens sana in corpore sano, insyaAllah apapun tujuan yang ingin Anda peroleh, akan terwujud jika kondisi jiwa raga kita sehat. Anda sakit, maka keluarga terbengkalai, bisnis terbengkalai.

Bagaimana dengan Anda? kapan Anda ingin memulai bisnis rumahan? bisnis sampingan?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s