WOWme tentang karakter para pelaku jaringan pemasaran

Karakter yang dimiliki oleh para pelaku jaringan pemasaran ini sebenarnya dimiliki juga oleh kita, masyarakat awam. Kita yang gak pernah menyentuh dunia bisnis punya ketakutan pada hal-hal di luar kendali. Pastilah, itu sebabnya kita diciptakan sebagai makhluk yang berakal oleh Allah SWT. Ketakutan itu dimaksudkan agar kita rajin beribadah, rajin meminta kepada Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Para pelaku jaringan pemasaran memiliki karakter berani, lebih berani dari kita. Keberanian ini pada dasarnya sudah terpola dalam otak kita (J. Clifton dan S.B. Badal, 2014) yang terbentuk dari waktu ke waktu.

Mungkin pada dasarnya kita memang penakut, tapi setelah menghadapi berbagai situasi dan kondisi, pola pikir pun berubah menjadi lebih berani.

Our basic personality characteristics are a function of our brain circuitry, enduring, and stable over time and across different situations. ~J.Clifton and S.B. Badal, 2014~

Waaaa kalo ngomongin karakter dan personaliti memang bukan kita ahlinya, para pembaca yang punya latar belakang psikologi bisa beri komentar di sini okay… para pembaca lain membutuhkannya.

Tapi hakikatnya begini para pembaca… awalnya kita memang takut memulai bisnis, entah itu membuka toko kelontong, toko grosir, e-commerce, bisnis mlm, jaringan pemasaran, atau mengikuti suatu perlombaan misalnya. Bersyukur kita diberi rasa takut, sebab untuk mengingatkan kita bahwa ada Allah SWT yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Kita kan makhluk ciptaan-Nya, jadi sudah sepatutnya kita beribadah kepada-Nya. Kepada siapa lagi kita meminta keberanian jika bukan kepada Maha Pencipta? kita gak mungkin memilih berdukun.

Membahas karakter dan personaliti gak ada habisnya. Bahkan seorang peneliti di Jerman menyimpulkan begini, seseorang yang memiliki karakter efektifitas dalam dirinya seperti mampu mengerjakan tugas-tugas dengan baik memiliki kecenderungan berhasil dalam berdagang. Wooowww… bahaslah jika kita mampu dan kalo di antara kita pernah merasa bahwa “oh, aku gak bisa mengerjakan ini dan itu… kayaknya bakal susah banget…” well yakinlah bahwa ada Allah SWT yang Maha Pengasih. Kalo kita berniat aja, misalnya berniat mau sukses di bisnis jaringan pemasaran, ya berikhtiar, belajar, bekerja keras, beribadah… trus memohon kepada-Nya.

Begitulah pendapatku… bagaimana dengan Anda?

Iklan

WOWme seputar jaringan pemasaran 06

Berani bertindak, berani memulai, berani menggebrak kebiasaan lama WOOOOWWW… that’s gut instinct. Semua keberanian yang kita butuhkan untuk menjadi entrepreneur, bukan sekedar punya bisnis kecil-kecilan, atau toko kecil-kecilan jika mau maju hingga mampu menciptakan lapangan kerja baru bagi warga setempat.

Ck ck ck… kelihatannya ini kerja yang berat dan memang keberanian ini dimiliki hanya segelintir orang. Tapiii… bukan berarti kita malah berputus asa sebab masih ada Maha Kuasa dibalik segala sistem yang berlaku di dunia ini termasuk diri kita.

Jika kita mau punya keberanian layaknya seorang entrepreneur, meskipun sekarang belum kelihatan, maka kita tinggal minta ke Allah SWT betul? minta, berdoa, sambil beribadah dan berusaha keras sampai jungkir-balik.

Kok kayaknya ribet banget? tinggal buka toko e-commerce aja gitu lho…

Yup yup… kan ceritanya mau berbagi peluang meningkatkan perekonomian minimal skala rumah tangga hingga mudah-mudahan makmur, sebab inilah fungsi seorang entrepreneur. Makanya dibutuhkan keberanian bertindak, berani memulai, berani menggebrak kebiasaan lama, keberanian untuk… mengambil resiko?

“Gut instinct is a term used to explain what you feel intuitively or instinctively about something – a recurring pattern of thought, feeling, or behavior dependent on the circuitry of your brain.” ~ J. Clifton and S.B. Badal, 2014 ~

Hi, have you read this in WOWme? If you like this post above, you may share it, like it, and… We’d like to read your stories and opinions here in WOWme. Please be free to share it with us here with WOWme. Your comments is precious to readers. Happy writing, readers…

WOWME seputar jaringan pemasaran 05

“Every city has strong, caring leaders working on numerous comittees and initiatives to fuel their local economic growth and to create good jobs. Those leaders should attract innovators, yes, but they’ll fail if they don’t indentify and develop entrepreneurs as well.” ~ J.Clifton dan S.B. Badal, 2014 ~

Rumit lah… pokoknya mah…
Mau berdagang aja susahnya minta ampun wakakaka…
Gini lho, maksudnya. Pemimpin atau leadership itu merupakan karakter yang wajib ada dalam diri seorang entrepreneur, dan itu bisa dipelajari kok. Seorang entrepreneur itu memimpin komunitas, minimal dua orang lah, trus meningkatkan perekonomian anggota komunitas itu tadi, ya dua orang itu. Kita mulai dari dua orang dulu, diri sendiri dan teman, lalu kalo dah menyebar bisnisnya baru deh diwadahin komunitasnya. Gitu…

Trus… menurut kutipan di atas, pemimpin itu kudu berkolaborasi dengan entrepreneur supaya bisnis lokal merambah ke sana-sini. Atau kebalikannya, calon entrepreneur di daerah itu belajar kepemimpinan.

Dudududu… kita tuh cuma mau jualan aja gitu lhooo… masa’ iya kudu begini dan begitu? ya jualan lah, buka toko atau online mana aja boleh. Lalu kembangkan jualan itu hingga bisa menggaji beberapa karyawan, kan lumayan membuka peluang kerja di daerah kita masing-masing betul? that’s entrepreneurship.

Hi, have you read this in WOWme? If you like this post above, you may share it, like it, and… We’d like to read your stories and opinions here in WOWme. Please be free to share it with us here with WOWme. Your comments is precious to readers. Happy writing, readers…

WOWme seputar jaringan pemasaran 04

” The reality is, when it comes to creating economic growth and good jobs, local leadership is far more important than national leadership.” ~ J.Clifton dan S.B Badal, 2014 ~

Leadership atau kepemimpinan… Ada perbedaan antara pimpinan dengan memimpin kan? Memimpin itu keahlian, dan pimpinan itu hirarki dalam suatu organisasi. Informasi lengkap tersedia di toko buku wakakaka…

Memimpin itu perlu keahlian. Keahlian itu didapat dari pengalaman hidup. Kebanyakan dari kita gak sadar kalo sebenarnya punya bakat memimpin. Menggali bakat terpendam itu mudah aja, misalnya dengan belajar terus sampai lelah. Itu kan ikhtiar, lalu dibarengi dengan ibadah dan memohon kepada Allah SWT supaya diberi petunjuk. Well, apalagi yang bisa kita lakukan sebagai makhluk beriman?

Hi, have you read this in WOWme? If you like this post above, you may share it, like it, and… We’d like to read your stories and opinions here in WOWme. Please be free to share it with us here with WOWme. Your comments is precious to readers. Happy writing, readers…

WOWme seputar jaringan pemasaran 03

Pemasaran… kalo kita gak punya bakat bisnis, pemasaran ini yang sulit. Tapi apakah kesuksesan itu cuma untuk mereka yang berbakat? Apakah berdagang, berbisnis, atau seorang entrepreneur itu harus berbakat kalo mau sukses? Mereka yang berbakat mempengaruhi orang lain itu bagus, kita yang bakatnya di bidanb kreatifitas itu bagus. Berdagang itu perlu kesabaran, menjadi seorang entrepreneur itu perlu kesabaran. Kita perlu sabar sebagai makhluk ciptaan-Nya. Sebab segala sesuatu yang berjalan di muka bumi ini, dunia ini, alam semesta ini, atas kehendak Allah SWT.
.
Jadi, memasarkan produk itu pun perlu kesabaran. Kita berikhtiar dan beribadah demi meminta petunjuk-Nya juga ridho-Nya. Ilmu yang didapat dari sekolah, gak berarti apapun kalo gak ada amal kan?

Hi, have you read this in WOWme? If you like this post above, you may share it, like it, and… We’d like to read your stories and opinions here in WOWme. Please be free to share it with us here with WOWme. Your comments is precious to readers. Happy writing, readers…