Sarapan berprotein menurunkan berat badan, bubur kacang ijo salah satunya

Sarapan dengan makanan yang mengandung tinggi protein dapat menurunkan berat badan, meskipun protein bukan dimaksud untuk membakar lemak dalam tubuh.

Sarapan dengan makanan yang mengandung tinggi protein dapat menurunkan berat badan, meskipun protein bukan dimaksud untuk membakar lemak dalam tubuh.

Jika kita sarapan dengan makanan berprotein tinggi pada hari maka perut akan cepat kenyang dan menunda rasa lapar lebih lama sementara stamina membaik karena protein tadi. Jadi kita bisa menunda jam makan siang atau hanya memakan sedikit makanan pada siang hari karena masih terasa kenyang.

Berikut makanan berprotein tinggi untuk sarapan:

  1. Telur. Kandungan vitamin B6, omega 3, dan protein baik untuk proses penyembuhan dan meningkatkan stamina di pagi hari. Makan telur tanpa nasi atau sumber karbohidrat lain jika ingin menurunkan berat badan yah.
  2. Produk susu dan turunannya. Susu rendah lemak, kemudian yoghurt, dan keju baik untuk dimakan di pagi hari karena kandungan proteinnya yang tinggi, juga mengandung kalsium, kalium, dan vitamin D. Makan yoghurt dicampur dengan muesli dan buah-buahan, minum susu dicampur havermut atau oat, atau makan roti yang kaya gandum dengan keju. Hmmm… berasa seperti di Jerman yah? aku yakin kita orang Indonesia, asia secara umum, belum disebut makan jika belum makan nasi. Maka tinjau lagi tujuan sarapan dengan protein ini, apakah ingin menurunkan berat badan atau diet? atau ingin membentuk otot, badan kekar? 
  3. Kacang-kacangan dan legum. Kandungan protein dalam kacang-kacangan dan legum juga tinggi, juga mengandung vitamin B. Bagi penderita diabetes, bagus nih sarapan kacang-kacangan tanpa karbohidrat dan gula. Sarapan dengan kacang-kacangan dan legum seperti kacang hijau, selai kacang, kedelai, terbukti ampuh menekan rasa lapar dalam waktu yang lama. Namun ada juga yang alergi terhadap kacang bahkan menghindari kacang karena wajahnya bakal berjerawat setelah makan kacang. Ck ck ck…
  4. Hindari makanan berlemak dan daging di pagi hari jika ingin sukses menurunkan berat badan atau sukses menjalankan program diet okay… daging sapi dan ayam memang mengandung protein yang tinggi dan itu baik untuk kesehatan namun resiko penyakit kolesterol dan jantung akan meningkat jika kita makan daging yang berlemak di pagi hari. Pilihan daging yang baik untuk sarapan adalah ikan, sedikit ayam suir tanpa lemak, pakai kentang dan sayur-sayuran. Ya… seperti makanan ala Gordon Ramsay gitu.

Tapi kalo kita orang Indonesia mah sarapannya bubur ayam yah? dulu pas tinggal di bandung, banyak warung bubur kacang ijo dan ketan hitam di sekitar kosan menuju kampus. Ternyata sarapan bubur kacang ijo itu sehat loh.

Ini penampakan warung bubur kacang di Jawa Barat.

sumber Hipwee

Ini bentuk bubur kacang ijo di Jawa Barat.

sumber KonsumenReview

Pakai santan yah… kalo mau bubur kacang ijo gak pake santan bisa diminta loh, dicampur ketan hitam juga bisa. Suka-suka selera aja deh… yang penting diet lancar ya kan?

Muesli itu berasal dari bahasa Jerman, isinya kacang-kacangan, legum, dan buah-buahan kering seperti ini nih:

sumber edeka24

Di Indonesia dah banyak yang jual beginian, don’t worry be happy… coba cek harga di Lazada.

Muesli 500 gr di lazada
Muesli 1 Kg di Lazada

Lihat koleksi muesli dan granola untuk sarapan sehat di sini yah.

Ada banyak jenis muesli, kacang-kacangan, granola, untuk sarapan sehat berprotein tinggi di Lazada agar program diet kita lancar mulus yah. Atau kalo mau gampang ya sarapan bubur kacang ijo aja deh… ahahaha…

Apakah informasi ini bermanfaat bagi kamu? silahkan berbagi info ini kepada kerabat dan kolega yang membutuhkan. Aku tunggu komentar kamu di sini yah…

Iklan

Program diet badan bugar: sarapan sehat berprotein 01

Berpuasa itu termasuk menahan lapar, artinya kita pasti kelaparan pas waktu makan siang nanti. Meskipun berpuasa, aku tetap mengkonsumsi sarapan sehat berprotein tinggi berserta suplemen makanan yang mengandung banyak fitonutrisi yang gak bisa didapat dari makanan yang dimasak sehari-hari.

Tadi pas berbuka, ada teh manis hangat, sepiring kecil kurma, kolak pisang, mihun goreng, lalapan dan ikan lele. Sengaja gak difoto karena kupikir itu membosankan dan gak ada yang istimewa. Keluarga melahap semua makanan itu namun aku hanya melahap tiga suap nasi, tiga cuil ikan lele renyah, tiga sendok mihun goreng, dan secangkir teh manis. Kenyang bangeeeet…

Kenyang banget sampai gak bisa bergerak.

Oh, ini hasil mengkonsumsi sarapan sehat berprotein tinggi. Ya, bulan ini menjadi sahur sehat berprotein tinggi.

Bagaimana dengan menu sahur Anda? apakah Anda memiliki resep menu sahur berprotein tinggi? ayo sampaikan cerita dan komentar Anda di sini karena para pembaca membutuhkannya.

X.O.X indri handayani

Diet gak pake stress dan badan bugar seharian  <<– klik kalimat itu untuk info lengkap.

Menu Diet Tanpa Stress: Sayur Bayam Bening

Sebelumnya gak pernah tau dan gak pernah mau tau juga tentang kandungan gizi suatu makanan yang dimakan misalnya tadi siang aku makan sayur bayam direbus, ayam goreng, pake nasi. Porsinya sedikit sekali, hanya beberapa suap. Bukan disengaja atau bukannya berniat mengecilkan porsi makanan, bukan. Melainkan perut ini rasanya sudah kepenuhan, karena entahlah, aku pun bukan ahlinya di bidang kesehatan. Tapi, mengingat apa yang dimakan tadi, aku jadi terpikir seberapa banyak nutrisi yang masuk ke dalam tubuhku, seberapa banyak yang diserap oleh tubuhku? dan ketika dipikir-pikir lagi, apakah nutrisi dari semua makanan yang dimasak tadi mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuhku?

Awalnya aku memang gak mau tau, bukan pula sekarang aku menjadi ahli di bidang nutrisi. Namun ketika membandingkan kondisi tubuhku beberapa minggu yang lalu dengan sekarang, beneran jauh berbeda. Contoh kecilnya begini, dulu aku sering mengantuk, lemas, dan butuh tidur siang padahal porsi makan banyak dan tiga (3) kali sehari. Bingung kan? makan dah banyak, lengkap lauk dan pauk, tiga kali sehari pula, tapi tetap aja lemas, berat badan pun naik karena gak ada tenaga untuk olahraga. Jangankan berolahraga, ingin melakukan peregangan aja rasanya seperti memangku beton. Sekarang, kondisinya jauh lebih baik karena nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhku tercukupi.

Ada istilah fitonutrisi, ini hasil pencarian yah, karena bingung kenapa kondisi tubuh yang dulu dengan sekarang itu berbeda. Fitonutrisi didapat dari tanaman seperti sayur, kacang-kacangan, dan buah. Asal kata dari ‘phyto’ yang berarti tanaman. Tapi fitonutrisi ini bukan pula karbohidrat, protein, lemak, vitamin, atau mineral. Ada sekitar 100,000 fitonutrisi yang terkandung dalam tanaman entah itu sayur, buah, kacang-kacangan, yang penting ‘tanaman’, yang bermanfaat bagi tubuh kita. Gak heran, banyak ahli gizi menyarankan agar makan sayur dan buah sebanyak lebih dari lima porsi dalam sehari, wow!

Jika fitonutrisi ini diserap oleh tubuh maka dapat mengurangi resiko kanker, alhamdulillah ini memang yang dicari sebab jaman sekarang perkotaan penuh polusi, penuh radikal bebas. Jika tadi aku makan sayur bayam, itu bagus juga. Nutrisinya cukupkah? entahlah, aku bukan ahli gizi, namun jika hanya makan sayur seporsi kecil, jelas itu kurang menurut WHO makanya aku tambah dengan suplemen makanan yang mengandung 12 vitamin, 9 mineral, dan 17 konsentrat tumbuhan yang mengandung fitonutrisi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh dan menunjang aktivitas sehari-hari. Sekarang, ada baiknya mencukupi kebutuhan fitonutrisi bagi tubuh agar terhindar dari penyakit, agar metabolisme tubuh menjadi bagus, dan terutama terhindar dari resiko kanker.

Bagaimana dengan Anda? apakah Anda memiliki tips tersendiri dalam memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh? silahkan berbagi cerita di sini, para pembaca sangat membutuhkannya.

Bagi Anda yang ingin memasak sayur bayam bening lezat ala Sajian Sedap, berikut resepnya yah, aku sendiri sudah mencobanya dan enak.

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:

Bahan:
2 ikat bayam, disiangi
100 gram wortel, dipotong miring
2 buah jagung manis, dipotong-potong
3 butir bawang merah, diiris tipis
4 cm temu kunci, dimemarkan
1 buah tomat, dipotong panjang
5 1/2 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
2.500 ml air
Cara membuat:

  1. Didihkan air. Masukkan bawang merah dan temu kunci. Rebus sampai harum.
  2. Masukkan wortel dan jagung. Masak sampai empuk.
  3. Tambahkan tomat, garam, dan gula pasir. Masak sampai mendidih.
  4. Masukkan bayam. Masak sampai matang.

Untuk 6 porsi

sumber resep: Sajian Sedap